Senin, 08 Desember 2014

Tugas Perakitan PC


Nama : Mochammad Syafrie Wahyu Pangestu
Kelas : X TKJ
Guru Mapel : Sutrisno, S. Kom
Mapel : Perakitan PC
Abstrak : soal dan jawaban ujian semester gasal






SOAL UJIAN AKHIR SEMESTER GASAL
Mata Pelajaran : PERAKITAN
SMK AL KAAFFAH KEPANJEN
TAHUN PELAJARAN 2014/2015

JAWABLAH PERTANYAAN DIBWAHA INI DENGAN BENAR!

  1. Gambar dan jelaskan alur kerja dari sistem kerja komputer!



* Peralatan input
Merupakan perangkat keras komputer yang berfungsi untuk memasukkan data ke dalam memori komputer.

* Prosesor
Merupakan perangkat utama sebuah komputer yang berfungsi untuk mengelola seluruh aktifitas komputer. prosesor ini sendiri terdiri dari 3 bagian utama, yaitu: kontrol unit (merupakan bagian utama dari sebuah prosesor yang bertugas untuk mengontrol semua perangkat yang terpasang pada komputer, mulai dari input device sampai dengan output device; Aritmatika dan logika yang merupakan bagian dari prosesor yang memiliki tugas khusus untuk mengolah data aritmatika serta data logika; Memory unit merupakan bagian dari prosesor yang berfungsi sebagai unit pendukung dimana perintah - perintah yang sering digunakan oleh prosesor akan disimpan sementara pada bagian ini.

* Memori
Merupakan alat yang berfungsi sebagai media penyimpan data pada komputer. Memori ini terdiri dari 2 maca, yaitu ROM (read only memory) dan RAM (random access memory)

* Output device
Merupakan bagian dari perangkat komputer yang berguna untuk menghasilkan keluaran, baik itu berupa hardcopy 
 (bisa berupa kertas), softcopy (muncul di layar monitor), ataupun keluaran alam bentuk gambar dan suara.

 2. Jelaskan apa yang di maksud dengan port I/O, sebutkan 5 contoh beserta fungsinya masing- masing!
Port I/O (Input / Output) - Port I/O merupakan sebuah port atau tempat dipasangnya conector I/O dimana setiap port I/O dibawah control processor.

Port I/O ini bermacam-macam bentuk dan juga fungsi. Macam-macam port I/O, antara lain:


Port Parallel 
Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan standard parallel Port 200 kb/s. Hardware yang dapat digunakan dengan port ini adalah Printer, Scanner.

Port Serial (COM1 dan COM2)
Yaitu port yang mempunyai kemampuan transfer data dengan kecepatan lebih rendah dibanding jenis port parallel. Kabel connector untuk COM1 adalah 9 pin dan untuk COM2 25 pin.

Port PS/2
Port ini umumnya digunakan untuk menghubungkan keyboard dan mouse.

Port USB
USB (Universal Serial Bus) merupakan port serial universal bagi peralatan yang bekerja dengan transmisi data secara serial. Contoh peralatan yang menggunakan USB Port adalah Flashdisk, Keyboard USB, dan hardware lain yang menggunakan USB sebgai konektornya.

Port VGA
Merupakan port yang langsung berhubungan dengan monitor. Port VGA didapatkan dari pemasangan VGA Card.

Port Audio
Merupakan port yang berhubungan langsung dengan peralatan audio seperti tape, radio, speaker, dan lain-lain.

Port LAN
Port yang digunakan untuk komunikasi antar komputer, sehingga komputer dapat saling berbagi informasi dengan komputer lainnya.


3. Jelaskan fungsi dari hardware berikut :
a.       Motherboard,
b.      Power supply unit,
c.       Cashing.

a.       pusat penghubung antara satu perangkat keras dengan perangkat keras yang lainnya.
b.      sebagai perangkat keras yang memberikan atau menyuplai arus listrik yang sebelumnya diubah dari bentuk arus listrik yang berlawanan atau AC, menjadi arus listrik yang searah atau biasa disebut sebagai arus DC
c.       Melindungi berbagai komponen didalamnya dari debu, panas matahari, air dan kotoran lainnya pada saat bekerja.
Hampir semua peripheral menggunakan casing sebagai tempat dudukannya.
Exhaust Fan yang berfungsi sebagai pendingin ruanganpun,menggunakan casing sebagai tempat beroperasi mengatur suhu didalam CPU.
Casing PC yang juga amat penting ialah sebagai tempat dudukan tombol-tombol atau lampu-lampu. Contohnya Tombol Power pada CPU.
Casing juga mempunyai tugas penting yaitu sebagai kediaman (rumah mainboard) power supply yang memberikan tugas buat semua komponen.

4. Form factor komponen komputer terdiri dari bentuk, design, ukuran dan layout. Apa yang di maksud dengan form factor dan jelaskan masing-masing yang ada di dalamnya tersebut!

istilah yang merujuk pada ukuran, Konfigurasi, dan susunan komponen hadware. istilah " form factor " biasa digunakan untuk mendefinisikan ukuran dan konfigurasi motherboard atau harddisk. Macam - macam form factor yang tersedia pada motherboard antara lain adalah AT, ATX dan microATX.
      
       5. Dalam sebuah motherboard terdapat chipset southbridge dan northbridge, jelaskan masing-  masinng fungsinya!

Fungsi Northbridge adalah menjembatani arus data di sekitar main Memory, Prosesor, Front Side Busdan AGP Bus juga mengatur kerja power management.

Fungsi Southbridge adalah mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya

  

66. Sebutkan nama-nama dari komponen nomer 1,2,4 yang terdapat dalam motherboard berikut ini !
 
·         Chipset northbridge
·         Socket PGA processor
·         Slot expansi PCI

7.   Jelaskan fungsi dari komponen momor 3 dan 5 dalam gambar motherboard diatas!

·         Slot IDE = Socket ini berfungsi untuk menghubungkan Harddisk atau Optical Drive seperti CD ROM, DVD dsb yang bertype ATA dengan Motherboard.
·         Southbridge =  mengatur kerja peripheral-peripheral semacam IDE Controller, PCI Bus, ROM Bios, Keyboard & Mouse, USB, Eth. LAN, Modem dan fungsi I/O lainnya.












   
8.Sebutkan bagian – bagian processor sesuai dengan urutan nomor pada gambar di atas ini!
1.      Substrate
2.      Core
3.      Capacitore
4.      TIM (thermal Interface Material )
5.      IHS ( intergrated Heat Spreader )

     9. Dalam komputer ada istilah compatible. Apa yang di maksud dengan istilah tersebut dan apa pengaruhnya terhadap menentukan komponen?


             Istilah untuk menyebutkan bahwa suatu alat sejenis atau dapat berfungsi serupa dengan alat yang disebutkan. Misalnya IBM compatible berarti dapat bekerja seperti komputer IBM.

    10.  Jelaskan perbedaan antara ROM dan ROM !
RAM
1. RAM (Random Access Memory): RAM merupakan bagian dari perangkat keras komputer yang menyimpan program-program aplikasi sistem operasi dan data atau proses-proses yang sedang berjalan terus sehingga mereka dapat dengan cepat sampai ke proses komputer.
2. RAM yang dirancang khusus untuk komunikasi dengan prosesor dibandingkan dengan perangkat penyimpanan lain seperti hard disk dan lain-lain karena kemampuan transfer data yang cepat.
3. Data dalam RAM akan tetap ada selama komputer Anda aktif, dan ketika komputer akan shutdown semua data dari RAM yang dihapus. RAM dapat memiliki bentuk yang berbeda e.g. itu bisa dalam bentuk modul yang akan dipasang ke motherboard atau dapat juga berupa sebuah microchip diskrit yang biasanya dari 256 MB 512 MB.
4. kebanyakan dirancang komputer yang memungkinkan pengguna untuk menambahkan modul-modul ini hingga kapasitas tertentu.
5. Dalam RAM, kedua negara listrik sering diwakili oleh kehadiran atau tidak adanya muatan listrik. Ada RAM lain "FPMRAM, EDO RAM, SRAM, DRAM, BEDO RAM, adalah jenis memori.
ROM
1. ROM: - Read Only Memory, ROM isi non-volatile teknologi dan dapat "dibaca saja" ketika Anda menghidupkan sebuah sistem komputer mikro, sebuah program dalam ROM secara otomatis menyiapkan sistem komputer untuk digunakan dan menghasilkan tampilan layar prompt awal.
2. Komputer hampir selalu mengandung sejumlah kecil hanya-baca memori yang menyimpan instruksi untuk memulai komputer. Tidak seperti RAM, ROM tidak dapat ditulis.
3. Flash memory adalah jenis PROM. PROM adalah suatu chip memori di mana Anda dapat menyimpan program.
4 Selain itu, ROM, digunakan secara ekstensif di kalkulator dan perangkat perangkat seperti printer laser, font yang sering disimpan dalam ROM.
variasi dari ROM adalah PROM.

     11.  Berikan penjelasan, mengapa konfigurasi/setingan jam dan tanggal komputer dapat sesuai dengan jam dan tanggal sebenarnya meskipun komputer tidak di hidupkan?

Konfigurasi BIOS tidak disimpan dalam ROM, ( hal ini di sebabkan oleh sifat ROM yang statis ) melainkan sebuah chip terpisah yang di sebut sebagai Real-Time clock (RTC).

     12.  Apa yang kalian ketahui tentang card pada komputer?
Asosiasi Internasional Kartu Memori PC yang dimaksud untuk memudahkan dibaca serta diingat.

     13.   Apakah perbedaan dari hard copy device dan softcopy device, berikan masing- masing contoh !

* Hard copy device berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media hard (keras) spt kertas atau film

* Soft copy device berupa alat yang digunakan untuk mencetak tulisan (kata, angka, karakter khusus dan simbol2) serta image (grafik atau gambar) pada media soft (lunak) berupa signal elektronik

     14.   Pada bagian prosessor terdapat IHS (intergrated Heat spreader ), apakah fungsi IHS tersebut!

sebagai penyalur panas pada core, pelindung core, dan unutk memudahkan pemasangan HSF nantinya.

     15.   Apa yang kalian ketahui tentang FSB ?

sebuah jalur listrik pada motherboard komputer, yang menghubungkan berbagai komponen perangkat keras ke mikroprosesor utama, atau central processing unit (CPU).

0 komentar:

Posting Komentar